Niat, Doa dan Tata Cara Puasa Mutih Sebelum Menikah Untuk Membuka Aura

Niat, Doa dan Tata Cara Puasa Mutih Sebelum Menikah Untuk Membuka Aura – Menjelang hari bahagia pernikahan tentunya kedua calon pengantin harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan penuh kesungguhan. Pernikahan adalah sebuah upacara suci yang sangat didambakan oleh setiap orang. Pernikahan tidak boleh dilakukan sembarangan apalagi dijalani bersama orang sembarangan. Menikah adalah pertemuan dua insan, yaitu pria dan wanita yang saling mencintai untuk berikrar di hadapan semua pihak keluarga dan terlebih di hadapan Tuhan.

Salah satu persiapakan yang penting dilakukan menjelang hari pernikahan adalah puasa mutih. Puasa mutih sebelum menikah diyakini oleh masyarakat Jawa sebagai ritual suci yang dapat menambah aura seorang pengantin. Baik pengantin pria maupun pengantin wanita dianjurkan untuk melakukan puasa mutih sebelum menikah. Tujuannya apa?

Tujuan dari puasa mutih sebelum menikah adalah untuk membersihkan Jiwa dan Raga sehingga lebih siap menempuh kehidupan baru. Filosofi puasa mutih ini adalah memutihkan batin dan jiwa dari segala kotoran yang melekat sehingga dapat bersih dan jernih dalam menjalani rumah tangga.

Niat Puasa Mutih Sebelum Menikah

Sebelum menjalani puasa mutih sebelum menikah, ada niat yang harus dibaca. Niat ini berbeda dengan puasa mutih pada umumnya yang mana ada puasa mutih yang ditujukan untuk menguasai ilmu kejawen, ilmu pelet dan pengasihan serta ilmu-ilmu kebatinan. Adapun niat puasa mutih bagi calon pengantin adalah sebagai berikut :

Niat ingsun puasa mutih, supaya putih badanku putih bathinku, putih kaya dening banyu suci karena Allah Ta Ala

Tata Cara Puasa Mutih Sebelum Menikah

Layaknya puasa mutih lainnya, kita harus melakukan puasa mutih sebelum menikah mulai dari waktu subuh hingga maghrib tiba. Adapun selama puasa kita dilarang untuk memakan makanan yang warnanya bukan putih. Mudahnya kita dianjurkan untuk sahur dengan nasi putih dan garam saja serta minum hanya air putih saja. Untuk berbuka kita dianjurkan makan nasi putih, garam dan air putih pula.

Puasa ini dilakukan tiga hari menjelang hari pernikahan. Misalnya kita akan melakukan ijab qobul pada tanggal 16 Desember, maka kita harus melakukan puasa mutih pada tanggal 13, 14 dan 15 Desember. Puasa ini dilakukan untuk membuka aura baik aura kecantikan pengantin wanita maupun aura ketampanan pengantin pria.

Doa Puasa Mutih Sebelum Menikah Untuk Membuka Aura

“Allahumma bayyid wajhi bi nurika yauma tabyaddu wujuh aulaika wala tusawwid wajhi bi dzulumatika yauma taswaddu wujuh a’daai’

Ucapkan 3x setelah solat subuh dan setelah solat maghrib kemudian tiupkan pada kedua tangan dan usapkan pada wajah. Seusai solat fardhu lainnya (Dhuhur, Asar dan Isya’) juga bisa anda baca sebanyak 1 kali saja.

Demikian niat, doa dan tata cara puasa mutih sebelum menikah. Semoga bermanfaat untuk anda, BARAKALLAH.