Strategi Khusus Agar Hubungan Jarak Jauh (LDR) Selalu Hangat dan Harmonis

hubungan jarak jauhHubungan Jarak Jauh – Cinta itu tidak memandang usia, derajat, kekayaan, wajah, ataupun jarak. Pada hakikatnya cinta berasal dari getaran hati untuk bisa memiliki. Tidak jarang jarak memisahkan kedua insan karena suatu hal yang memang perlu, seperti bekerja, kuliah, pindah rumah, ataupun cinta yang datang dari sosial media atau event tertentu.

Menjalani Hubungan lintas kota, atau LDR (long distance relationship) merupakan ujian berat bagi mereka yang mengalaminya. Selalu ada cemburu dan salah paham yang disebabkan oleh pikiran negatif kepada pasangan. Juga datangnya rasa bosan dan kesepian. Yang bisa menyebabkan keretakan dalam menjalin hubungan.

Tidak adanya pengetahuan yang cukup untuk mempertahankan Hubungan Jarak Jauh akan menjadi tekanan berat hingga menimbulkan perasaan bila hubungan ini tidak lagi bisa dipertahankan.

Dan kenyataannya, banyak pasangan sering galau, sering bertikai dan tidak bisa langgeng dalam menjalani LDR.

Ada beberapa strategi khusus dalam mempertahankan LDR agar selalu hangat, harmonis dan langgeng, antara lain :

  1. Sering Komunikasi Dengan Pasangan

Komunikasi adalah komponen penting dalam sebuah hubungan sekaligus menjadi kunci ketika menjalani hubungan jarak jauh.

Tidak dipungkiri lagi, komunikasi tidak langsung melalui sms atau media lainnya merupakan satu-satunya cara Anda bisa mengobrol dengan pasangan.

Jangan sampai kesibukan, perbedaan waktu, ataupun rutinitas menjadi penghalang hubungan Anda, luangkanlah waktu untuk selalu memberi kabar dan mengobrol.

Selalu berikan pesan singkat pemberi semangat apabila jika pasangan Anda sedang sibuk.

Dengan adanya internet dan media sosial saat ini, selain memudahkan Anda dalam berkomunikasi juga meringankan biaya komunikasi. Anda tidak perlu membayar mahal untuk telepon dan sms, Anda bisa menggunakan BBM, Whatsapp, Line, ataupun media lainnya yang terkoneksi dengan internet.

  1. Memahami Makna Hubungan

Dalam LDR, kebosanan adalah sebuah risiko yang harus selalu siap dihadapi. Pada kenyataannya, dalam menjalani hubungan jarak jauh kita bisa saja bosan, kehabisan cerita atau malah bisa bertengkar karena fokus pada karakter dan kebiasaan yang berbeda. Ada juga resiko kehilangan teman dan keluarga. Hal itu dapat terjadi jika pasangan selalu menghabiskan waktu berdua dan pada akhirnya membuat orang lain tidak nyaman.

Seringnya komunikasi memang perlu, tapi suatu hubungan seharusnya tidak dibatasi hanya tentang Anda dan pasangan.

Penting untuk memperhatikan orang-orang lain di sekitar kita, seperti teman dan keluarga. Luangkanlah juga waktu untuk mereka, mendukung mereka, hadir saat mereka memerlukan, dan berkumpul dengan mereka.

Dengan begitu Anda akan mendapat bahan cerita, pengalaman, dan juga banyak hal yang bisa anda ceritakan pada pasangan Anda.

Dan Anda berdua akan menyadari bahwa bukanlah intensitas waktu yang Anda habiskan berdua yang membuat hubungan Anda dapat berjalan baik dan langgeng.

  1. Kepercayaan

Jika Anda mengamati, akan selalu ada wanita atau laki-laki yang jauh lebih menarik dari pasangan Anda berada di sekitar Anda.

Bangunlah kepercayaan dari diri Anda sendiri untuk tidak menduakan pasangan Anda, jangan selingkuh.

Selain itu, jangan pernah menuduh yang tidak baik kepada pasangan, akan lebih bijak ditanyakan terlebih dahulu dan dengarkan penjelasannya. Jangan langsung mengambil kesimpulan yang tidak baik.

  1. Kejujuran

Jujur adalah sifat mulia dihadapan kaum wanita, seorang laki – laki yang jujur di anggap lebih jantan atau gentleman oleh wanita. Selain itu, kejujuran juga akan meningkatkan kepercayaan Anda terhadap pasangan. Baik buruknya suatu hal, cobalah untuk jujur dan jangan pernah membohonginya akan suatu hal. Sebagai timbal baliknya, pasangan Anda pun juga akan selalu jujur pada Anda.

Kejujuran ini akan membuat hubungan Anda tetap hangat dan harmonis.

  1. Luangkan Waktu Untuk Bertemu

Sejauh-jauhnya anda dipisahkan, sesibuk-sibuknya Anda, luangkalah waktu untuk bertemu dengan pasangan Anda.

Berikanlah kejutan kecil ketika Anda bertemu.

Buat komitmen untuk bisa bertemu, jangan sampai Anda membatalkan pertemuan yang telah dijanjikan sebelumnya.

Atur jadwal bertemu dalam jangka waktu yang sudah Anda dan pasangan Anda tentukan, bisa dua kali sebulan, satu kali sebulan atau lima kali dalam setahun. Atur jadwal sebaik-baiknya, lebih sering bertemu lebih baik. Dan yang terpenting jangan absen di jadwal pertemuan Anda, apabila memang perlu kabari jauh hari sebelumnya.

  1. Lakukan Usaha Batin

Usaha batin ini diperlukan agar pasangan Anda selalu ingat, dan semakin sayang terhadap Anda. Selain itu, usaha batin ini juga bisa Anda gunakan untuk mengatasi permasalahan percintaan Anda.

Inti dari usaha batin adalah dengan memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa. Usaha batin dapat dilakukan dengan menggunakan Ilmu Pengasihan atau Sarana Pengasihan.

Karena inti dari usaha batin menggunakan Ilmu Pengasihan atau Sarana Pengasihan adalah memohon kepada Tuhan, sehingga tidak melanggar dari norma-norma agama apapun.

Apabila Anda melakukan 6 hal diatas, maka insya Allah hubungan jarak jauh Anda akan selalu hangat, harmonis, dan langgeng.

Jarak dan waktu dapat menjadi tantangan atau kesempatan dalam menjalani hubungan, tergantung dari sudut pandang kita melihatnya. Karena itu, anggaplah jarak dan waktu merupakan kesempatan untuk Anda belajar saling mengasihi dan membangun hubungan dalam ikatan cinta yang tulus.